Apa Itu Bisnis Model Syariah?

Seiring dengan tren ekonomi Islam belakangan ini, begitu banyak orang kemudian tergila-gila dengan bisnis syariah. Ini bisa dilihat dari perkembangan wirausaha Muslim Indonesia yang kini sadar akan syariah. Bahkan dalam skala yang cukup besar, ada beberapa penisnis berbasis syariah seperti pedagang Nusantara. Meski begitu, masih banyak orang awam yang ingin memulai bisnis syariah, tetapi masih buta tentang bisnis syariah itu sendiri. Untuk alasan ini, kami akan membahas model bisnis syariah.

Bisnis Model Syariah

Apa itu Bisnis Syariah?

Kata Syariah dapat diartikan dalam hal peraturan atau hukum yang secara langsung diungkapkan oleh Allah SWT kepada manusia melalui Nabi Muhammad. Aturan ini sendiri pada dasarnya berlaku untuk semua umat manusia. Namun, dalam praktiknya hanya Muslim yang mengikuti aturan ini. Sebenarnya aturan syariah ini tidak hanya berlaku dalam bisnis, tetapi mencakup masalah tentang ibadah dan terutama moral dan muamalah. Bisnis itu sendiri sebenarnya milik kelompok aturan muamalah, yang berarti cara manusia berinteraksi. Dari sini, tentu saja Anda bisa mengerti jika bisnis syariah adalah cara bermain. Dalam hal ini perdagangan didasarkan pada aturan yang ditetapkan oleh Tuhan.

Cara Mengenal Bisnis Syariah

Pada dasarnya, bentuk bisnis syariah tidak jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya, yaitu bagaimana seseorang berusaha menghasilkan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan konsumen dan mencari keuntungan. Demi kesederhanaan, Anda dapat mengenali model bisnis syariah dengan memperhatikan beberapa karakteristiknya di bawah ini:

  • Nilai yang diadopsi adalah nilai Ruhiyah. Nilai Ruhiyah adalah nilai yang mengajarkan seseorang untuk waspada jika setiap manusia adalah ciptaan Tuhan. Dengan begitu, seseorang mau atau tidak yakin untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalam hal ini antara produsen dan konsumen.
  • Orang yang menjalankan bisnis Islam harus memiliki pemahaman yang jelas dan lengkap tentang halal dan haram dalam segala bentuk perdagangan atau bisnis. Dengan kata lain, orang yang menjalankan bisnis ini tentu memahami apa yang bisa dan tidak diizinkan untuk dilakukan dalam Islam, menurut aturan syariah.
  • Selalu konsisten dan teguh dalam upaya menerapkan hukum perdagangan yang berlaku. Dengan kata lain, orang yang menjalankan bisnis Islam harus menerapkan aturan perdagangan Syariah dalam bisnis atau bisnis mereka secara konsisten. Jadi tidak hanya melihat kelebihan dan kekurangan dari perdagangan.

Baca Juga:

Jenis bisnis ini adalah orientasi bisnis dunia dan akhirat. Sekarang ini adalah salah satu karakteristik paling penting yang dapat Anda lihat pada orang yang melakukan bisnis Islami. Seorang Muslim dituntut tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan duniawi dalam bisnis, tetapi juga harus memperhatikan aspek kehidupan setelah kematian.

Jenis-jenis Bisnis Syariah

Jual beli / Ba’i

Prinsip bisnis syariah jenis ini sama dengan bisnis konvensional. Jadi itu dilakukan di hadapan pengalihan kepemilikan suatu barang atau objek. Bahasa kerennya adalah transfer properti. Dalam syariat orang yang ingin menjual barang harus menentukan harga dan keuntungan dari penjualan di awal.

Sewa / Ijarah

Jenis bisnis syariah yang kedua adalah sesuai namanya, yaitu seseorang yang sementara memberikan hak atas suatu barang yang dia miliki pada orang atau penyewa lain. Jenis barang yang disewakan, bisa apa saja asalkan halal dan tentu saja tetap memenuhi prinsip syariah. Selain itu, prinsip ijarah juga dapat mencakup layanan. Misalnya seseorang yang mempekerjakan orang lain untuk menjadi sopir pribadi, membersihkan rumahnya, untuk merapikan kebun di rumahnya.

Bagi Hasil / Syirkah

Seperti namanya, jenis bisnis syirkah syariah adalah kontrak kerja sama yang dilakukan oleh setidaknya dua pihak dalam suatu bisnis. Semua pihak yang terlibat dalam syirkah semuanya harus berkontribusi, baik dalam bentuk modal atau dalam bentuk fasilitas dalam bisnis di dalamnya, dengan kesepakatan mengenai distribusi keuntungan dan risiko bisnis yang harus ditanggung bersama.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =