Mengenal Apa Itu Investasi Sedini Mungkin

Perubahan kehidupan sosial di masyarakat, mengakibatkan gaya hidup seseorang menjadi naik level. Perilaku konsumtif dan menghamburkan uang tidak jelas, sepertinya sulit untuk diubah. Membuat masyarakat lupa pentingnya mengerti apa itu investasi, terutama pada usia muda. Banyak dari mereka beranggapan bahwa investasi membutuhkan modal besar. Padahal tidak sedikit perusahaan sekuritas, yang memfasiltasi investor dengan modal kecil.

Berinvestasi Sejak Dini

Perlunya Anak Muda Belajar Investasi

Mayoritas anak milineal berpikiran bahwa hidup untuk hari ini, belum memikirkan tentang esok hari. Meskipun beberapa anak muda yang mulai berpikir tentang kehidupan jangka panjang, tapi jumlahnya sangat sedikit. Namun kenyataannya anda dihadapkan pada dunia yang menuntut mandiri, termasuk mengatur keuangan pribadi dan mempersiapkan masa depan. Maka dari itu seorang anak muda perlu melakukan planning keuangan, untuk berjaga-jaga keperluan mendadak di masa datang.

Saat masih muda yang terlintas dalam pikiran ialah, bagaimana memanfaatkan waktu untuk melakukan produktivitas. Bekerja dengan keras dan mempelajari apapun, untuk mengembangkan potensi. Masa emas untuk memulai sebuah karir dan membentuk masa depan yang cerah. Weekdays adalah waktu bekerja dengan peforma terbaik,  dan weekend adalah waktu bersantai dan bersenang-senang.

Bagi anak muda mendapatkan uang dari hasil kerja keras, merupakan euforia tersendiri. Oleh sebab itu banyak milenial yang tidak berpikir jangka panjang. Maksudnya mereka menghabiskan uang sekaligus, entah untuk shopping, kuliner, hangout atau berlibur ke tempat wisata. Mereka lupa bahwa perlunya mempelajari apa itu investasi, sebagai persiapan saat anda sudah memasuki masa tua dan tidak produktif lagi.

Lalu apa hal yang bisa dilakukan mulai sekarang? Tidak ada salahnya anda belajar mengenai investasi mulai saat ini. Berkenalan dan mempelajari investasi sebagai bentuk persiapan masa datang. Banyak yang mengartikan dengan berinvestasi artinya mengorbankan kesenangan saat ini, tapi ada hasil yang akan dinikmati di kemudian hari. Namun konsep berpikir inilah yang salah, dan tidak selamanya memilih investasi saat muda adalah pilihan yang salah.

Anda hanya diminta untuk mengurangi jatah bersenang-senang, dan menyisihkan sedikit penghasilan. Tidak perlu harus dalam nominal yang besar, sedikit pun jika dilakukan secara rutin lama-lama akan menumpuk. Seperti kata peribahasa bersakit-sakit dahulu, lalu bersenang-senang kemudian. Dalam berinvestasi ada konsep tidak perlu terburu-buru, pelajari secara perlahan, nanti akan mengerti sendiri bagaimana cara investasi yang baik.  

Memilih Hidup Bersenang-senang atau Sederhana

Pikiran anak muda masih seputar kehidupan yang happy-happy, jarang memikirkan tentang persiapan masa depan apalagi berinvestasi. Mereka cenderung menyepelekan pentingnya menabung, sebagai persiapan hari tua. Bukan untuk menimbun kekayaan hanya saja perlu untuk menyisihkan sebagian penghasilan. Namun itu semua kembali ke masing-masing individu, ingin hidup masa tua yang nyaman atau serba terbatas nantinya.

Ada dua pilihan kondisi yang dihadapi milenial, pertama hidup foya-foya sekarang dengan nongkrong di cafe atau shopping barang branded. Namun sudah jelas masa depan suram dan tidak memiliki aset, boro-boro mau hedon dan pergi berlibur. Untuk makan pun masih memikirkannya setiap hari. Berangkat dari kondisi inilah penting bagi anak muda mengenal apa itu investasi.

Kondisi kedua ialah hidup sederhana sekarang, nongkrong dan belanja seperlunya tidak menghamburkan uang dengan sia-sia. Tetapi masa depan lebih tertata, memiliki tabungan dan cadangan keuangan jika ada keperluan mendadak. Hal ini bisa didapatkan dengan berinvestasi. Tentunya hidup menjadi tidak terbebani, karena ada keuntungan masa depan yang masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:

Mengenal Pentingnya Berinvestasi

Anak muda wajib tahu tentang investasi, sebagai langkah penting untuk hidup anda sendiri. Investasi akan membiasakan diri anda untuk menabung, yang nantinya akan membantu untuk menghadapi ketidakpastian kondisi masa datang. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat, antara lain keuntungan lebih besar, menciptakan pribadi yang lebih disiplin, dan kemerdekaan secara finansial.

Keuntungan berivestasi jelas didapatkan ketika memulai investasi sejak muda. Nominal keuntungan yang didapatkan pun berbeda, antara dilakukan sejak umur 20 tahunan atau 30 tahunan. Namun tidak selamanya keuntungan tersebut melulu tentang uang, jika belajar tentang apa itu investasi sejak muda. Anda akan lebih mahir mengetahui platform investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Serta menyesuaikan dengan jumlah asset yang anda miliki.

Memang benar jika waktu mempengaruhi investasi, sebab berkaitan dengan keuntungan yang di dapat esok hari. Memulai sejak muda justru memudahkan anda dalam dunia investasi. Jika anda gagal dalam satu investasi, maka masih memiliki banyak waktu untuk mempelajari kesalahan. Dan jika berhasil di satu investasi, anda pun mempunyai kesempatan untuk mengembangkan investasi tersebut lebih jauh. Malah menjadi ladang untuk menjelajahi potensi investasi yang lebih menguntungkan.

Belajar investasi secara tidak langsung membentuk pribadi lebih disiplin. Karena anda akan menjadi lebih protektif dalam menghabiskan uang. Apalagi di usia muda godaan untuk sebuah kesenangan sangat besar. Berbeda jika anda memiliki tekad kuat untuk berinvestasi, sejak pendapatan turun di hari pertama anda sudah mengencangkan ikat pinggang. Menyisihkan beberapa rupiah untuk diinvestasikan, dan belajar hidup hemat.

Ada Jaminan untuk Kehidupan Masa Depan

Salah satu alasan pentingnya belajar apa itu investasi sejak muda, ialah dapat dijadikan sebagai jaminan masa depan. Zaman akan terus berkembang, dan kebutuhan hidup semakin naik level. Mau tidak mau kita harus survive dengan keadaan, tidak ada salahnya mempersiapkan hal-hal tidak terduga tersebut mulai sekarang. Setidaknya dengan berinvestasi, anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat sudah tidak produktif lagi.

Di kemudian hari anda telah memiliki sesuatu untuk dijadikan pegangan, semisal untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak. Kebebasan secara finansial akan anda dapatkan nanti, tidak perlu bekerja keras seperti saat muda. Cukup melakukan hal-hal kecil atau diam di rumah, anda tetap mendapatkan penghasilan pasif. Bahkan sudah dapat memilih gaya hidup yang diinginkan, berbekal hasil investasi yang dimiliki.

Namun jika menilik dari realita saat ini, banyak yang menyepelekan makna mempelajari apa itu investasi. Akhirnya kebanyakan yang ditemui orang-orang usia senja, yang masih belum mendapatkan kebebasan finansial. Diluar dari problem yang menjerat masing-masing, nyatanya banyak orang yang masih terbebani tanggungan. Yang mana memaksanya untuk terus bekerja keras, bahkan jeda istirahatnya sangat sedikit.

Berinvestasi sejak dini mungkin akan membantu anda untuk mewujudkan impian, mimpi yang sudah dirajut sejak kecil. Misalnya membeli rumah pribadi, mobil impian, belibur bersama keluarga, atau membeli barang-barang favorit. Usia muda memang baik untuk bekerja keras, namun perlu diingat bahwa kebutuhan masa depan perlu dipersiapkan mulai sekarang dan tidak baik ditunda-tunda.

Memasuki masa produktif yang mana dimanfaatkan untuk bekerja keras, dan menapaki puncak karir. Bagi anak muda mendapat penghasilan dari hasil kerja keras, adalah sebuah apresiasi yang tidak ternilai. Namun ada yang luput dari euforia masa muda, ialah menabung untuk keperluan masa depan. Tidak ada salahnya mulai menyisihkan sebagian gaji, esok hari siapa tahu membutuhkan keperluan mendadak.  

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + twelve =