Yuk Simak Cara Memulai Bisnis Dropship untuk Pemula

Dropship merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang untuk saat ini. Salah satu kemudahan yang diperoleh saat menjalankan dropship adalah tidak memerlukan persediaan barang untuk dijual kepada konsumen. Seorang dropshipper hanya perlu memastikan bahwa produk tersebut masih tersedia di supplier sebelum dijual. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis dropship dan bingung cara memulainya,  yuk simak ulasan berikut.

Bisnis Dropship

Tips Sukses Menjadi Dropshipper

1. Mencari Supplier yang Tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon dropshipper adalah memilih supplier yang tepat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk tersebut. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kualitas produk yang dijual, detail bahan, hingga harga produk tersebut. Akan lebih baik lagi jika kamu mengetahui banyak hal tentang produk tersebut sehingga ketika konsumen bertanya, kamu tidak akan kesulitan menjelaskannya.

2. Memilih Marketplace Online

Setelah mendapatkan supplier yang sesuai, maka kamu harus memilih marketplace yang akan digunakan untuk menawarkan produk tersebut. Penjualan melalalui marketplace ini sangat menguntungkan karena target sasaran lebih jelas. Ada banyak jenis marketplace yang bisa dipilih untuk mengenalkan produkmu mulai dari Tokopedia, Bukalapak hingga Shopee. Pilihlah marketplace yang memiliki potensi dan segmen pasar yang sesuai dengan bisnis dropship.

Baca Juga:

3. Membuat Brand untuk Produk

Adanya brand akan membuat konsumen semakin yakin untuk membeli produk yang dijual. Selain itu, brand juga akan membuat produk kamu lebih mudah dikenal sehingga nantinya para konsumen lebih mudah menemukan produk tersebut. Keuntungan yang diperoleh akan semakin banyak, jika kamu bisa sukses membranding produk tersebut dengan baik. Bahkan, kamu bisa  menggungguli kompetitor lain yang menjual barang yang sejenis karena adanya branding tersebut.

4. Melakukan Promosi Produk

Meskipun kamu sudah menggunakan marketplace untuk menawarkan produk, maka kamu tetap tetap harus melakukan promosi melalui media sosial. Apalagi saat ini, hampir semua orang yang ada di indonesia memiliki akun media sosial dan sangat melek terhadap era digital. Ada banyak jenis media sosial yang bisa digunakan mulai dari facebook, IG, twitter hingga WA. Di sini, kamu bisa memilih media sosial yang paling menjanjikan untuk menjalankan bisnis dropship.

5. Memakai Aplikasi Pendukung

Langkah terakhir dalam menjalankan bisnis ini adalah memakai aplikasi pendukung. Aplikasi ini akan sangat membantumu untuk memasukkan data mengenai produk yang ada dijual ke marketplace. Mungkin jika jumlah produk yang kamu jual satu atau dua tidak akan menjadi masalah. Namun, semakin banyak jenis produk yan dijual, maka kamu akan semakin kesulitan memasukkan datanya satu persatu serta waktu yang semakin lama sehingga membutuhkan software tertentu.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengunggah informasi mengenai produk yang dijual dalam waktu yang singkat. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah dutchcraper, dropship engine dan dropship kit. Aplikasi aplikasi tersebut dapat membantumu melakukan pemantauan terhadap perubahan informasi produk seperti jumlah barang yang tersedia dan mencari supplier. Penggunaan aplikasi tersebut sangat membantu bisnis dropship bukan?

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika ingin menjadi dropshipper. Sebenarnya bisnis ini terbilang gampang gampang susah. Karena kamu harus memastikan bahwa supplier yang kamu pilih benar benar terpercaya. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa harga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi dibandingkan kompetitor. Ada baiknya juga untuk membangun reputasi yang baik sehingga banyak calon pembeli yang tertarik kepada produk tersebut.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 14 =