5 Pilar Yang Wajib Ada Dalam Bisnis Model Kanvas

Bisnis memiliki banyak model dan tipe. Ini biasanya tergantung pada strategi yang digunakan atau bisa juga tergantung pada barang yang ditawarkan. Dari sekian banyak jenis atau model bisnis yang ada, kali ini kita akan membahas tentang model bisnis kanvas.

Bisnis model kanvas

Apa itu Kanvas Model Bisnis?

Model bisnis kanvas adalah strategi dalam manajemen dalam bentuk bagan visual. Model bisnis ini sendiri pertama kali diperkenalkan dalam sebuah buku berjudul Business Model Generation oleh Alexander Osterwalder. Dalam buku itu, Alexander menjelaskan kerangka kerja sederhana untuk menyajikan elemen-elemen penting dalam model bisnis. Jika dilihat secara sepintas, aliran model bisnis kanvas terlihat sederhana. Secara garis besar, alirannya mengalir dari satu elemen bisnis ke elemen penting berikutnya. Elemen model bisnis kanvas ini sendiri memiliki setidaknya 9 elemen.

9 Elemen Kanvas Model Bisnis

Segmen pelanggan

Elemen pertama yang harus Anda miliki dalam memulai model bisnis kanvas adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis Anda. Misalnya, sebuah maskapai memasarkan 2 produk dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda. Ini juga bisa menjadi 2 stasiun televisi yang menghadirkan 2 program berbeda untuk memenuhi kebutuhan segmen pelanggan yang berbeda.

Proposisi Nilai

Elemen ini dapat dianggap sebagai penghalang yang merupakan keunggulan suatu produk. Jadi apa sebenarnya poin yang bisa membawa manfaat yang ditawarkan ke segmen pelanggan. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menggambarkan kekuatan dan keunggulan produk Anda yang membedakan bisnis Anda dari bisnis lain.

Baca Juga:

Saluran

Melalui penggunaan saluran yang tepat, maka Anda hanya bisa menyampaikan proposisi nilai kepada segmen pelanggan. Jadi Anda harus mencoba memikirkan saluran yang ingin Anda gunakan dengan baik. Ini karena, penentuan saluran merupakan salah satu elemen terpenting untuk kesuksesan bisnis.

Aliran Pendapatan

Aliran Pendapatan adalah bagian yang sangat vital di mana organisasi akan mendapat manfaat dari pelanggan. Untuk alasan ini, elemen ini harus dikelola sebanyak mungkin untuk meningkatkan laba atau pendapatan bisnis. Pastikan tidak ada bahan baku, produk atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Sumber Daya Utama

Sumber Daya Utama adalah penghalang atau penghalang dalam kanvas model bisnis yang isinya adalah daftar sumber daya yang harus direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan proposisi nilai mereka. Semua jenis sumber daya mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia yang dimiliki, dan penataan proses operasional harus menjadi perhatian dalam pembuatan model bisnis ini.

Hubungan pelanggan

Elemen ini adalah elemen di mana perusahaan membangun hubungan atau ikatan dengan pelanggannya. Dalam elemen ini, pengawasan sangat ketat dan intensif diperlukan. Tujuannya adalah agar pelanggan yang ada tidak dapat dengan mudah beralih ke bisnis lain hanya karena hubungannya tidak baik.

Kegiatan utama

Aktivitas Utama adalah semua aktivitas yang terkait dengan produktivitas bisnis yang terkait dengan suatu produk, di mana aktivitas atau aktivitas utama adalah untuk menghasilkan proposisi nilai.

Kemitraan

Elemen yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur aliran item atau layanan lain. Posisi para mitra utama ini berguna untuk efisiensi dan efektivitas kegiatan-kegiatan utama yang telah dibuat. Tidak ada salahnya menjalin hubungan baik sesuai dengan harapan.

Struktur Biaya

Elemen terakhir ini adalah struktur pembiayaan. Melakukan manajemen biaya dengan cara yang efisien akan membuat bisnis Anda lebih ekonomis dan dapat meminimalkan risiko kerugian. Ini juga dapat membantu menentukan proposisi nilai yang tepat bagi pelanggan. Pada elemen terakhir ini, tentu membutuhkan laporan yang tepat. Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan, Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi yang ada.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =