5 Jenis Bisnis Yang Cocok Menyasar Target Lansia

Bisnis tidak hanya fokus pada pasar anak muda. Pasar tua juga bisa menjadi pangsa pasar yang menguntungkan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2017, jumlah lansia di Indonesia mencapai 23,66 juta. Jumlah ini akan meningkat hingga mencapai 33,69 juta pada tahun 2025. Tingginya populasi lansia dapat menjadi segmen pasar yang menguntungkan. Anda yang mungkin digolongkan sebagai lansia juga dapat menggunakan ide bisnis ini untuk bisnis. Gagasan bisnis berikut ini cocok untuk menargetkan pasar lansia di bawah ini.

Bisnis orang tua

Perawatan Lansia

Ketika Anda bertambah tua, terutama di atas 60 tahun, kekuatan tubuh Anda juga akan turun. Pada usia ini Anda diklasifikasikan sebagai individu yang tidak produktif sebagai tenaga kerja. Para lansia juga membutuhkan perawatan terutama jika mereka memiliki penyakit tertentu. Ini adalah celah dalam bisnis perawat lansia sehingga peluang besar. Apalagi sekarang banyak keluarga yang sibuk bekerja. Keberadaan perawat lansia mampu membantu keluarga ini dan menjaga kesehatan lansia tetap bugar. Untuk menjadi distributor perawat, Anda perlu mendirikan yayasan terlebih dahulu. Biaya pendirian yayasan itu sendiri berkisar antara Rp4-Rp5 juta.

Toko Peralatan Medis

Anda juga dapat membuka toko peralatan medis yang menyediakan peralatan pendukung aktivitas. Anda bisa menyediakan kruk, kursi roda, pot ruang dan sebagainya. Jika modal bisnis Anda tidak cukup untuk membuka bisnis ini maka jadilah reseller. Sebagai reseller penting mencari distributor yang mampu menyediakan peralatan medis yang berkualitas. Jangan lupa untuk membuka akun di situs perdagangan online sehingga produk yang ditawarkan mudah diketahui.

Baca Juga:

Bisnis Makanan Sehat

Para lansia juga perlu mewaspadai asupan makanan yang mereka konsumsi. Bisnis katering yang sehat juga bisa menjadi pilihan untuk ide bisnis Anda. Apalagi jika lansia menderita penyakit tertentu seperti diabetes dan asam urat. Tentu saja makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Selain itu katering yang sehat juga dapat memperluas pangsa pasarnya ke konsumen yang sedang diet atau mengikuti tren gaya hidup sehat. Jangan lupa bekerja sama dengan ahli gizi agar tidak salah membuat menu sehat untuk lansia. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan keluarga lansia ketika ada bahan makanan yang bisa membuat alergi.

Pijat

Para lansia juga membutuhkan terapi pijat untuk membuat persendian berfungsi dengan baik. Terapi pijat juga mampu membuat lansia merasa lebih rileks. Otot tidak tegang dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Untuk membuka bisnis ini, Anda perlu menyediakan bahan, minyak pihat dan tentu saja ahli pijat. Anda juga dapat membuka layanan pijat online di mana Anda dapat melayani konsumen di rumah. Anda juga dapat memberikan layanan terapi pijat kepada konsumen yang lebih muda seperti anak-anak atau bayi untuk ekspansi bisnis di masa depan.

Perawatan  Rumah Eksklusif

Anda juga dapat membuka bisnis panti jompo eksklusif. Seperti namanya rumah ini bukan panti jompo biasa. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas menarik. Misalnya, ada instruktur olahraga yang disediakan untuk mengisi kegiatan olahraga lansia. Ada juga kelas khusus seperti melukis agar orang tua tidak bosan. Ada perawat yang membantu lansia kapan saja. Rumah jompo bukan hanya tempat bagi orang tua untuk dirawat. Panti jompo juga harus bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya sehingga mereka betah dan tidak merasa kesepian.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 4 =