5 Ciri Suatu Bisnis Memerlukan Software ERP

ERP atau Enterprise Resources Planning adalah software yang saat ini lebih disukai oleh pemilik bisnis karena software ini dapat membantu pemilik bisnis dalam melaksanakan semua kegiatan operasional perusahaan seperti mencatat transaksi, manajemen, membuat laporan keuangan, dll secara otomatis atau dilakukan dengan sendirinya. Software ERP ini bisa sangat berguna dalam menjalankan perusahaan, tetapi sayangnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang penggunaan program ini masih rendah sehingga banyak orang yang masih ragu atau belum berpikir untuk menggunakan program ini dalam menjalankan perusahaan mereka.

Software ERP

Sekarang, jika Anda sendiri juga orang-orang yang masih ragu atau belum berpikir untuk menggunakan software ERP, maka ada 5 tanda bahwa Anda perlu memperhatikan di mana perusahaan Anda membutuhkan software ERP sesegera mungkin. Berikut adalah 5 tanda bahwa perusahaan Anda membutuhkan software ERP:

1. Terlalu banyak perangkat lunak

Peran software dalam menjalankan perusahaan adalah penting, tetapi jika software yang dimiliki oleh perusahaan Anda terlalu banyak atau masih dijalankan secara terpisah, maka ini adalah tanda pertama bahwa perusahaan Anda membutuhkan software ERP. Ini karena software semacam itu dapat menghambat perusahaan Anda dalam melakukan kegiatan operasional dan bahkan dapat mengganggu departemen keuangan atau akuntansi dalam memproses data sehingga inilah mengapa program ERP diperlukan untuk mengintegrasikan semua kinerja software tersebut.

2. Piutang usaha tidak dimonitor

Perusahaan yang semakin besar biasanya memiliki hutang atau piutang yang tidak dimonitor lagi karena perusahaan dan bagian-bagiannya akan disibukkan dengan hal-hal penting lainnya. Namun, ini tidak dapat diabaikan begitu saja karena jika ada banyak tagihan hutang yang tidak dibayar atau tidak dibayar, ini akan menyebabkan kerusakan pada arus kas perusahaan sehingga untuk mengatasi hal ini peran program ERP diperlukan.

Baca Juga:

3. Kesulitan dalam mengakses informasi

Perusahaan yang berkembang lebih cepat memerlukan penggunaan teknologi karena jika tidak, kinerja perusahaan akan menjadi tidak seimbang dan akses ke informasi secara real time juga sulit. Oleh karena itu, software ERP telah menjadi software yang harus dimiliki untuk perusahaan yang tumbuh cepat. Software ERP ini akan memastikan bahwa pengiriman informasi akan disediakan secara real time dan mudah diakses sehingga manajemen dapat membuat keputusan lebih cepat.

4. Proses akuntansi terlihat lebih rumit

Proses akuntansi adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan karena akuntansi ini akan memberikan laporan keuangan kepada perusahaan sehingga perusahaan dapat menentukan pengeluaran dan pendapatan tunai yang perlu dilakukan pada periode berikutnya. Namun, jika perusahaan terus tumbuh, proses akuntansi akan lebih sulit dan lebih lama. Bahayanya lagi, jika akuntansi masih dilakukan secara manual, maka ini akan menyebabkan ketidakakuratan. Nah, jika perusahaan Anda pada tahap ini, maka ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda membutuhkan program ini karena software ERP ini dapat melakukan semua proses akuntansi Anda secara otomatis, cepat, dan lebih akurat.

5. Merasa banyak pekerjaan, tetapi perusahaan tidak berkembang

Menjalankan perusahaan itu sulit dan cukup menegangkan karena Anda diharuskan melakukan banyak hal seperti mengelola karyawan, menghitung persediaan barang dagangan, pemasaran, mencatat transaksi penjualan, membayar karyawan, dan lain-lain. Hal-hal ini harus dilakukan agar perusahaan Anda dapat tumbuh, tetapi jika Anda merasa bahwa kegiatan yang Anda lakukan tidak memberikan kemajuan walaupun Anda telah bekerja lembur. Ini adalah tanda bahwa Anda memerlukan software ERP karena tampaknya kegiatan ini hanya membebani Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mempercayakan program untuk melakukan ini secara otomatis sehingga Anda dapat lebih fokus melakukan hal-hal yang dapat mengembangkan perusahaan Anda.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =