Sudah Tahu Apa Itu Investasi Emas Syariah? Yuk Cek Disini

Masyarakat sekarang sudah lebih paham cara mengalokasikan pendapatan. Mereka memutuskan untuk mulai berinvestasi, tidak ada salahnya mencoba investasi emas syariah. Logam yang satu ini tidak akan habis, meskipun nanti berganti zaman. Keabadian nilai emas tercantum jelas dalam firman Allah, ada di surat Ali Imron ayat 14. Sehingga banyak para investor yang memilih emas sebagai alat untuk bertransaksi jual beli.

Yuk Investasi Emas

Keuntungan Berinvestasi dalam Bentuk Emas Syariah

1. Tidak Memerlukan Modal Tinggi

Emas bisa dibeli dengan harga satuan gram. Jika dalam bentuk perhiasaan per gram berharga 300 ribu, sedangkan bentuk logam mulia per gram seharga 600 ribu. Pembelian emas bisa dilakukan berjangka, dalam satu bulan atau dua bulan. Tidak perlu menunggu hingga terkumpul sesuai nominal lebih dulu. Cukup memudahkan bagi siapapun yang ingin menabung tapi tidak memiliki budget yang tinggi.

Emas dinilai tidak akan kadaluarsa meski zaman telah berganti. Saat nilai mata uang sedang mengalami fluktuasi, harga emas akan tetap stabil. Meskipun bisa saja mengalami penurunan, namun tidak sampai merugikan pemiliknya. Dalam pembahasan fikih kontemporer, kepemilikan emas yang dikelola disebut investasi emas syariah. Emas dijadikan sebagai alat tukar, dalam konteks jual beli.

2. Kondisi Inflasi Tidak Mempengaruhi Harga Emas

Fluktuasi nilai rupiah tidak ada yang bisa memperkirakan, bisa naik dan turun dalam kurun waktu dekat. Sebab roda perekonomian terus berputar, selama manusia masih melakukan transaksi jual beli setiap harinya. Jadi kadangkala ekonomi berada di posisi tidak stabil, suatu saat bisa berada di ujung tanduk. Hal tersebut berpengaruh pada kenaikan harga barang secara terus menerus.

Namun inflasi yang naik turun ini tidak menggoyahkan nilai emas di pasaran. Emas tetap berjaya pada porosnya, bahkan menjadi benda yang menyelamatkan seseorang dari keterpurukan finansial. Inilah alasan mengapa instrumen emas syariah banyak diburu investor. Sebab nilainya tidak menimbulkan kerugian yang tidak terlalu besar. Sehingga sampai hari ini investasi emas syariah masih berada di posisi tertinggi di pasaran.

Baca Juga:

3. Prosedur Menabungnya Cukup Mudah

Banyak lembaga keuangan yang memfasilitasi seseorang yang ingin menginvestasikan dana dalam bentuk emas. Prosedur yang disyaratkan pun tidak rumit, karena anda cukup datang dan berkonsultasi berkaitan dengan berapa gram emas yang akan didapatkan. Mengisi beberapa formulir pendaftaran dan pengatasnamaan buku tabungan. Bisa sambil bertanya-tanya kepada petugas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan jual beli.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi. Pastikan lembaga tersebut terjaga kadar kesyariahannya, serta memiliki akad yang sesuai ketika melakukan jual beli. Oleh sebab itu calon investor diharuskan mengenal investasi model syariah, agar lebih paham bagaimana alur prosedur syariah yang tepat. Karena membawa instrumen syariah dibelakangnya, maka dari itu perlu diperhatikan sisi religius dalam setiap proses transaksinya.

4. Bisa Dicairkan Kapanpun

Inilah yang menjadi keuntungan ketika memilih investasi emas syariah. Kapanpun membutuhkan dana tambahan, emas siap untuk dicairkan. Sebab emas merupakan benda likuiditas, tidak memerlukan waktu tertentu untuk menguangkan investasi. Besaran yang dicairkan juga mengikuti harga emas saat itu. Berapapun gram emas yang dilukuid, tetap menghasilkan keuntungan yang besar.

Beberapa orang mulai menginvestasikan gaji ke bentuk emas, bahkan memilih instrumen syariah untuk menjaga kadar emas yang dibeli. Sejauh ini masyarakat mulai peduli terhadap apapun yang Ia kerjakan, termasuk anjuran memenuhi syarat syariah. Maka dari itu dalam berinvestasi pun mereka lebih berhati-hati memilih. Sebab jangka investasi yang panjang takutnya membawa nilai kemudharatan.

Bagikan ke teman: