5 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Properti Sejak Dini

Investasi dalam bidang properti dianggap para investor lebih menguntungkan. Karena properti dinilai sebagai satu-satunya instrumen investasi yang menguntungkan, fleksibel dan bisa meminimalisir resiko. Dan juga investasi properti sifatnya jangka panjang, jadi cara mengelola investasi memiliki tren dan strategi tersendiri. Anda juga dituntut untuk mengeluarkan dana yang cukup besar, namun keuntungan yang didapat bisa dua kali lipat dari modal.

Investasi Properti

Pentingnya Mulai Berinvestasi dalam Bentuk Properti

1. Harga yang Naik Setiap Tahun

Kebutuhan papan untuk masyarakat semakin meningkat setiap tahunnya, dibarengi dengan peningkatan jumlah penduduk. Mau tidak mau pemerintah harus bisa menyediakan rumah sebagai tempat tinggal. Atau tanah kosong untuk membangun sebuah bangunan layak huni. Seiring waktu berjalan permintaan akan bertambah, terlebih bagi daerah yang ramai penduduk dipastikan harga properti sangat mahal.

Jika anda memiliki uang dalam jumlah besar, tidak ada salahnya dialokasi ke investasi properti dalam jumlah banyak. Toh nilai properti tidak akan hilang, bahkan bertambah mahal setiap waktunya. Namun ada syarat yang diajukan agar properti laris dipasaran, cobalah memerhatikan lokasi dimana anda membeli properti. Lokasi yang strategis akan lebih banyak diminati oleh pasar, malah terkadang konsumen tidak berpikir dua kali untuk membeli aset tersebut.

2. Harga Tergantung Naik Turun Inflasi

Fluktuasi harga di perekonomian memang tidak bisa diperkirakan, selama alur ekonomi dalam masyarakat masih berjalan. Maka kenaikan harga terus menerus adalah problem yang tidak bisa dihindari. Hal tersebut mempengaruhi harga pemukiman dan kebutuhan papan lainnya, yang jelas terus meningkat. Jadi bisa dibayangkan berapa keuntungan yang didapat apabila memutuskan untuk investasi properti. Bisa jadi mendapat keuntungan hingga tiga kali lipat.

Baca Juga:

3. Bisa Menjadi Pelindung Inflasi

Properti bisa juga menjadi alasan mengapa inflasi melonjak naik, namun di sisi lain menjadi pelindung ketika terjadi inflasi. Keberadaan jumlah investasi mampu menstimulasi pertumbuhan. Sebab perputaran keuangan dalam arus perekonomian, akan mudah diredam oleh besaran jumlah properti. Ia akan berdiri sebagai penyeimbang saat mata uang rupiah berfluktuasi. Menjadi stimulan yang halus dalam mengembalikan kondisi ekonomi ke angka yang lebih stabil.

4. Nilai Boleh Ditetapkan oleh Pemilik

Keuntungan dalam bisnis properti ialah hak penuh yang dipegang oleh pemilik. Tidak seperti ketika anda memiliki saham, nilai keuntungan akan diatur oleh pergerakan saham dan pembagian sesuai kebijakan perusahaan. Bedanya properti mengukur sendiri mulai dari modal, hingga penghitungan laba yang didapatkan. Pemilik bebas mengendalikan harga sewa ataupun harga jual, tidak ada yang membatasi. Namun disesuaikan saja dengan kondisi bangunan juga lokasi, yang penting terlihat manusiawi saja.

5. Berjangka Waktu Panjang

Para investor menyarankan investasi properti bagi pemula, sebab jangka waktunya panjang. Sifat properti juga lebih fleksibel, artinya nilai aset dapat ditingkatkan sesuai dengan keinginan pemilik. Misalkan ingin menambah harga aset dengan cara merenovasi properti, agar daya tawar semakin diminati. Memang ada biaya tambahan yang akan dikeluarkan, namun bukan menjadi hal yang besar. Karena penambahan biaya perbaikan tersebut bisa diakumulasikan ke dalam harga jual.

Bisa dikatakan properti adalah instrumen investasi yang paling menguntungkan, dan jangka waktu berinvestasi cukup penjang. Anda pun hanya mengandalkan kecerdikan untuk membaca peluang, mencakup seperti apa  pasar yang strategis dan barang yang diminati pasar. Anda juga tidak membuang waktu untuk mengurus aset, tinggal mempekerjakan property manager untuk merawat aset anda. Nanti ketika properti laku di pasaran, tinggal menikmati hasil dari keuntungan tersebut. 

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + eighteen =