Pilihan Investasi Untuk Anak Milenials, Sebagai Tabungan Masa Depan

Usia muda mungkin menjadi salah satu masa terbaik dalam kehidupan. Saatnya bekerja keras dan hidup produktif, memiliki penghasilan sendiri dan mampu membeli apapun yang diinginkan. Namun kesenangan ini terkadang membuat anak muda lalai, lupa bahwa perlunya tabungan untuk masa tua. Oleh sebab itu investasi untuk anak milenials sangat penting. Sebab di usia senja tubuh sudah tidak produktif lagi, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan lagi secara penuh.

Investasi Untuk Anak Milenial

Alasan Pentingnya Investasi

Seiring berjalannya waktu pendapatan yang dimiliki tidak hanya untuk kebutuhan diri sendiri saja. Akan ada banyak pos pengeluaran esok hari ketika anda sudah berkeluarga misalnya. Ada biaya yang harus dipersiapkan mulai dari persalinan hingga pendidikan anak. Semakin bertambah umur semakin besar pula biaya yang dibutuhkan, ditambah harga kebutuhan yang meningkat mengikuti fluktuasi nilai rupiah.

Anak muda selalu terjebak dalam kesenangan semata, kurang peduli terhadap kebutuhan masa yang akan datang. Kurang merasa puas dengan yang dimiliki sekarang, sehingga mengejar ketidakpastian kepuasan yang sedikit melenakan. Harusnya selagi muda mulai merencanakan keuangan, mengalokasikan pendapatan untuk berinvestasi. Jika dipikirkan kembli investasi untuk anak milenials ini sangat sederhana, bahkan tidak membutuhkan modal yang besar.  

Baca Juga:

Kebanyakan anak muda jaman sekarang hidup untuk hari ini. Mereka jarang mempersiapkan masa tua sejak dini, memilih hidup dalam godaan kesenangan. Bahkan tidak terpikirkan menyisihkan rupiah untuk keperluan menabung ataupun investasi. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, investasi dapat membantu untuk memiliki pengalaman hidup tersendiri. Secara tidak langsung individu akan menahan nafsu untuk berbelanja, dan menahan gejolak untuk membeli barang-barang branded.

Memutuskan untuk menginvestasikan pendapatan, berarti anda berjuang untuk menyongsong kehidupan masa tua. Di esok hari anda tidak perlu khawatir, jika membutuhkan dana secara mendadak. Sebab investasi tersebut berjangka waktu panjang, sehingga bsia dicairkan kapanpun. Minimal anda tidak akan terjebak dalam lingkaran pinjaman, yang sejatinya digunakan untuk memebuhi kebutuhan masa tua.

Jenis Investasi yang Bisa Dilakukan

Di masa depan ada banyak ketidakpastian hidup yang menyambut. Terutama kebutuhan finasial yang semakin mendesak. Maka dari itu investasi untuk anak milenials sangat dibutuhkan, setidaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu. Sejak dini mulai menyisihkan uang gajian secara rutin, dan memilih investasi jangka panjang. Sesegera mungkin anda memulai berinvestasi, maka simpanan masa depan akan lebih banyak terkumpul.

Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan untuk anak muda. Antara lain investasi saham, investasi emas, investasi properti, dan investasi reksadana. Beberapa pilihan tersebut memiliki keunggulan masing-masing, namun disarankan untuk berinvestasi emas. Sebab harga belinya tidak begitu mahal, cocok bagi investor pemula. Dan juga harga emas cenderung stabil di pasaran, tidak berfluktuasi terlalu drastis. Namun pilihan teteap diserahkan ke masing-masing.

Kini sudah mulai berkembang investasi untuk anak milenials, yang mana modal awal investasi relatif rendah. Contohnya pasar modal reksadana yang memulai investasi dengan dana 100 ribu rupiah. Hal ini tentu tidak begitu memberatkan, mengingat menyisihkan nominal uang tersebut dalam satu bulan cukup mudah. Memang keuntungan yang didapatkan belum begitu besar, namun satu langkah lebih baik untuk mempersiapkan masa datang.

Melalui investasi anda akan belajar untuk hidup sederhana, mengikuti kata pepatah bersakit-sakit dahulu lalu bersenang-senang kemudian. Selain itu anda juga lebih ahli dalam mengatur keuangan, antara membagi dengan kebutuhan dan tanggung jawab menabung. Tidak masalah setidaknya hal tersebut mampu membuat anda lebih disiplin. Dan tentu lebih menghargai nominal uang, tidak menghamburkannya sia-sia.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =