Tips Sukses Membuka Usaha Jasa Desain Grafis

Kebutuhan desain saat ini semakin meningkat mulai dari untuk logo perusahaan, desain interior rumah  hingga untuk sekedar mendesain kartu nama. Tentunya ini menjadi salah satu peluang bagi kamu yang memiliki bakat di bidang desain. Selain itu, ketika memulainya bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Bagi kamu yang berniat terjun di bisnis ini, berikut ini tips sukses membuka usaha jasa desain grafis yang wajib diketahui.

Buka Desain

Tips Memulai  Usaha di Bidang Desain Grafis

1. Memiliki Skill Desain

Hal yang harus dimiliki ketika akan membuka bisnis ini adalah memiliki skill desain. Kemampuan desain menjadi hal yang wajib kamu kuasai. Ada beberapa aplikasi desain yang biasanya banyak digunakan untuk para desainer mulai dari corel draw hingga dobe photoshop. Jadi kamu yang memiliki skill ini harus belajar terlebih dahulu beberapa aplikasi untuk desain. Sedangkan bagi kamu yang sudah bakat, tinggal mengasahnya hingga menjadi ahli.

2. Memiliki Portofolio

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis ini adalah memiliki portofolio. Di sini, kamu bisa menampilkan hasil desain yang sudah kamu garap sebelumnya, sehingga orang yang akan menggunakan jasamu akan semakin tertarik. Akan lebih baik lagi jika yang kamu tampilkan adalah hasil desain yang memperoleh penilaian yang baik dari klien. Selain itu, adanya portofolio akan membuat calon klien yang akan menggunakan jasa mu menjadi lebih terpercaya.

Baca Juga:

3. Melakukan Promosi

Hal yang paling penting dalam menjalankan uaha jasa desain grafis adalah melakukan promosi. Adanya promosi ini akan membuat usahamu akan semakin banyak dikenal masyarakat. Dengan begitu, maka peluang mendapatkan klien yang lebih banyak akan semakin mudah dilakukan. Saat ini ada banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan usahamu ini, mulai dari face book, whatshapp, instagram hingga twitter.

Kamu bisa menggunakan media sosial yang memiliki banyak teman atau follower. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan blog untuk menampilan hasil karya desain yang sudah digarap. Atau kamu juga bisa menggunakan beberap marketplace freelancer.co.id atau sribu.com. Akan lebih baik lagi jika kamu sering mengunggah hasil karyamu setelah menggarap desain dari perminataan konsumen sebelumnya, sehingga orang akan semakin tertarik.

4. Melakukan Up to Date

Jasa desain grafis selalu mengikuti perkembangan sehingga kamu harus sering sering up to date mengenai desain yang terbaru agar kualias desain kamu menjadi lebih baik. Selain itu, hal ini dikarenakan perbedaan usia juga mempengaruhi tren desain yang disukai. Dengan selalu melakukan up to date, maka kamu bisa memberikan hasil desain yang memuaskan para pelanggan. Ini merupakan salah satu kunci utama agar bisnismu bisa semakin berkembang.

5. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Tidak semua konsumen menginginkan desain yang terbaru atau yang sedang naik daun. Dalam hal ini kamu harus membuat desain sesuai dengan karakter dari konsumen tersebut. Seperti misalnya mem buat desain interior rumah, maka pastinya konsumen akan menyampaikan beberapa permintaannya agar rumah tersebut nyaman saat dihuni. Dengan begitu maka usaha jasa desain grafismu akan semakin banyak direkomendasikan kepada orang lain.

Penutup

Itulah beberapa mudah untuk memulai bisnis desain grafis. Agar usaha ini semakin terkenal maka kamu juga perlu mengikuti beberapa pameran. Bukan tidak mungkin, kamu akan bertemu dengan pebisnis yang membutuhkan desainmu untuk usahanya. Sebenarnya usaha ini bisa ditingkatkan, jika memang kualitas desainmu diakui dan bisa memuaskan pelanggan. Sehingga mereka tanpa keberatan akan merekomendasikan jasamu kepada orang lain.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 17 =