Sebelum Alokasikan Danamu, Kenali Dulu Jenis-jenis Investasi Disini

Dulu investasi selalu dikaitkan dengan orang-orang yang memiliki modal besar. Namun berubahnya zaman, kini investasi juga bisa dilakukan oleh siapapun termasuk anak muda. Beberapa anak muda sudah mulai melek akan pentingnya investasi. Mereka mulai menyisihkan sedikit rupiah, dan mengalokasikannya untuk berinvestasi. Ada jenis-jenis investasi yang ditawarkan, tentu semuanya memiliki keuntungan masing-masing. Yuk cek disini.

Jenis-jenis investasi

Ragam Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

1. Emas dan Logam

Emas merupakan bentuk investasi yang tidak akan hilang ditelan zaman. Jenis investasi ini banyak dimintai, karena memiliki nilai yang stabil di pasaran. Bahkan harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Jika ingin investasi dalam bentuk emas tidak memerlukan modal tinggi, namun keuntungan yang didapat bisa melebihi nilai modal. Selain itu emas termasuk barang yang likuid, jadi sewaktu-waktu bisa anda cairkan.

2. Saham

Investasi dalam bentuk saham berarti anda memiliki hak milik terhadap suatu perusahaan, biasanya khusus untuk perseroan terbatas. Anda juga berhak atas bagian keuntungan yang didapatkan perusahaan, hal ini sering disebut dengan dividen. Saham termasuk jenis-jenis investasi yang membawa banyak keuntungan, namun juga penuh resiko. Nilai saham akan terus berfluktuasi, menyesuaikan kondisi pasar modal. Bisa jadi anda untung ataupun rugi dalam satu waktu.  

Baca Juga:

3. Reksadana

Banyak milenial yang melirik jenis investasi ini, karena mudah diakses melaui marketplace dan media sosial. Jadi memudahkan para investor untuk memantau perkembangan pasar modal. Cara kerja reksadana ialah menghimpun dana melalui pihak lain, lalu diwujudkan dalam bentuk surat berharga. Investasi reksadana banyak diminati sebab memiliki resiko yang kecil, serta mudah untuk dilakukan.

4. Properti

Bisnis properti diklaim sebagai salah satu investasi terbaik. Cocok bagi anda yang memiliki banyak modal, namun ingin resiko yang lebih kecil. Termasuk jenis-jenis investasi yang kian bertumbuh setiap tahunnya, dan menjanjikan keuntungan yang besar. Investasi properti bisa dirupakan dalam bentuk tempat tinggal, rumah, apartemen maupun tanah. Sama seperti emas meskipun zaman sudah berganti, namun nilai properti semakin melambung naik.

5. Deposito

Ingin menabung dalam jangka waktu panjang? Anda bisa memanfaatkan kemudahan berinvestasi dengan deposito. Cara berinvestasi pun cukup sederhana, hanya perlu menyiapkan sejumlah dana lalu disimpan pada bank tertentu. Namun kekurangannya anda tidak bisa mengambil uang tersebut sewaktu-waktu. Ada perjanjian dengan pihak bank terkait pengambilan dana, ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

6. Cryptocurrency

Termasuk jenis-jenis investasi yang amat populer, dan direkomendasikan untuk anak muda. Banyak milenial yang memilih investasi ini, tujuannya untuk memperoleh nilai lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu. Bahkan beberapa kali ada masa dimana cryptocurrency mengalami lonjakan besar, sehingga membuat para investor yang memilikinya mendapat keuntungan yang besar.

7. Valuta Asing

Pasar valas identik dengan hiruk pikuk perdagangan mata uang, yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdangangan internasional. Anda bisa berinvestasi valas ketika harganya sedang turun, dan menjualnya saat kembali naik. Selisih antara harga beli dan jual inilah yang akan menjadi keuntungan para investor. Investasi valas memerlukan kecerdikan lebih, sebab anda harus tepat membaca situasi perekonomian. Pasalnya fluktuasi mata uang rupiah tidak bisa diperkirakan.

Itulah jenis investasi yang direkomendasikan, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian rupiah untuk persiapan masa depan. Bukan bertujuan untuk menimbun kekayaan, tapi tidak ada salahnya kan mempersiapkan kebutuhan mendadak. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak lagi kelabakan, tidak pula bingung mencari pinjaman sana-sini. Pilihlah investasi yang paling mudah dan ideal, agar tidak terlalu membebani anda.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + twenty =