Berbagai Macam Kelebihan Program ERP Dalam Bisnis

Akhir-akhir ini, banyak pemilik bisnis ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang program ERP. Ini karena ada banyak pebisnis yang mengatakan bahwa kontribusi yang dibuat oleh perangkat lunak ERP bisa dibilang cukup bermanfaat untuk menjalankan bisnis mereka. Meskipun banyak orang yang penasaran dengan software ERP ini. Ternyata pengetahuan orang Indonesia tentang perangkat lunak ini masih terbatas sehingga jika Anda sendiri tidak tahu apa-apa tentang perangkat lunak ini.

Kelebihan Program ERP

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem perangkat lunak komputer yang dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan perencanaan dalam suatu perusahaan. Dari pengertian ini, Anda mungkin bertanya apa tujuan dari rencana ini? Untuk membahasnya lebih dalam, Anda dapat mempertimbangkan 6 manfaat utama dari program ERP berikut :

6 manfaat utama dari program ERP

1. Berikan data yang lebih akurat

Dalam periode tertentu, perusahaan akan mengumpulkan berbagai data untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Hanya saja pengumpulan data yang dilakukan secara manual seringkali tidak akurat, baik karena kesalahan manusia atau ada beberapa data yang masih belum lengkap. Namun, jika perusahaan menggunakan Program ERP, perusahaan akan memiliki data yang lebih akurat karena Program ERP dilengkapi dengan fitur pemeriksaan dan analisis yang canggih sehingga akurasi data akan meningkat tiga kali lipat.

2. Hemat biaya

Keberadaan perangkat lunak ERP dalam suatu perusahaan berarti bahwa hampir semua proses bisnis dapat dilakukan secara otomatis. Ini tentu menguntungkan perusahaan karena perangkat lunak ERP itu sendiri adalah sistem yang terintegrasi sehingga perusahaan tidak perlu membeli banyak aplikasi dan hanya perlu mempekerjakan staf dalam jumlah yang lebih sedikit sehingga perusahaan dapat menghemat banyak biaya.

Baca Juga:

3. Mengintegrasikan semua bagian perusahaan

Program ERP dapat mengintegrasikan informasi antar divisi perusahaan sehingga ini akan membuat masing-masing divisi lebih kolaboratif dan terpusat tanpa perlu mengganggu kinerja divisi lain. Ini tentunya dapat mempercepat perusahaan dalam mengembangkan skala bisnisnya karena setiap divisi dapat lebih fokus mengerjakan proyek masing-masing karena informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah.

4. Meningkatkan keamanan data

Menjaga keamanan data akan sulit dan kurang efektif jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, program ERP dapat lebih efektif dalam menyimpan data perusahaan. Karena program ERP memiliki titik akses yang ketat seperti firewall dan perangkat lunak, ini akan membatasi pemrosesan data yang dilakukan oleh admin, baik online maupun offline.

5. Meningkatkan layanan pelanggan

Perusahaan akan terus tumbuh jika telah berhasil membuat pelanggannya merasa puas. Menariknya, perangkat lunak ERP mampu meningkatkan kualitas layanan yang akan diberikan kepada pelanggan. Perangkat lunak ERP dapat memberikan informasi dan sejarah pelanggan sehingga perusahaan dapat memikirkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh konsumen.

6. Meningkatkan daya saing perusahaan

Jika proses bisnis dalam suatu perusahaan telah dilakukan secara otomatis, maka ini berarti perusahaan dapat meningkatkan daya saing mereka karena mereka akan memiliki banyak waktu dan energi untuk fokus pada hal-hal yang dapat membuat perusahaan mereka lebih unggul dari pesaing. Selain itu, perangkat lunak ERP bersifat fleksibel atau dapat beradaptasi dengan kondisi pasar sehingga ini akan memudahkan perusahaan dalam menentukan skala pengembangan bisnis.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =