Peran Dan Kegunaan Payrol Dalam Software ERP

SoftwareERP adalah softwareyang populer di kalangan pelaku bisnis saat ini karena softwareini dapat membantu mereka dalam melakukan semua kegiatan operasional berkat modul yang sudah ada di setiap softwareERP. Namun, dari sekian banyak modul yang ada dalam software ini, modul payrol dapat menjadi modul yang sering ditanyakan karena dari kata, modul ini belum menjelaskan secara langsung fungsi kerjanya. Jadi, apa itu payrol? Bagi Anda yang masih asing dengan istilah payrol dalam softwareERP, payrol adalah modul yang ada di softwareERP yang bertugas memfasilitasi proses remunerasi untuk karyawan perusahaan dan pengajuan pajak karyawan setiap bulan.

Payroll Software ERP

Modul payrol ini akan dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena perusahaan yang memiliki karyawan tentu tahu bahwa mereka harus membayar karyawannya agar tetap bekerja dan menghindari pelanggaran hukum.

Cara payrol bekerja dalam softwareERP:

Untuk memahami pengertian payrol lebih dalam, Anda tentu ingin tahu bagaimana payrol ini dapat melakukan payrol dan pengajuan pajak. Oleh karena itu, agar Anda lebih mengerti, inilah cara kerja payrol dalam softwareERP:

  • Ketika perusahaan mendekati akhir bulan, modul payrol akan secara otomatis memeriksa data kehadiran semua karyawan.
  • Setelah itu, hasil data kehadiran karyawan akan diserahkan ke departemen HRD sehingga mereka dapat memproses payrol mereka secara langsung.
  • Selain itu, departemen HRD juga akan menghitung atau memperbaiki penerimaan pajak dari jumlah gaji yang diterima (perhitungan gaji akan mencakup gaji yang mencakup kenaikan atau perubahan).
  • Pembayaran gaji akan dilakukan oleh departemen keuangan. Oleh karena itu, departemen HRD akan mengirimkan seluruh daftar gaji dan slip gaji ke departemen keuangan untuk memperbaiki perhitungan gaji dan perhitungan gaji masing-masing karyawan.
  • Jika ada kesalahan atau kesalahan ketik, departemen keuangan akan mengirimkannya kembali ke departemen HRD.
  • Jika semua data akurat dan lengkap, maka departemen keuangan akan menandatanganinya dan menyiapkan cek tunai sesuai dengan jumlah yang terkandung dalam data, maka itu akan diserahkan kepada pimpinan perusahaan.
  • Jika sudah diterima, kepala perusahaan akan menandatangani daftar gaji semua karyawan dan kemudian mentransfer gaji karyawan melalui bank yang ditentukan.

Baca Juga:

Jenis Payrol

Seperti yang Anda lihat, payrol ini dapat memudahkan perusahaan untuk membayar karyawan sehingga jika Anda tertarik menggunakan payrol ini, maka Anda perlu mengetahui jenis payrol yang akan Anda gunakan karena setiap payrol memiliki spesialisasi sendiri. Inilah Jenis –jenis payrol :

1. Layanan payrol

Layanan payrol dapat melakukan tugas payrol secara efisien dan dapat menyimpan data perusahaan dengan aman sehingga layanan payrol sering digunakan oleh usaha kecil hingga menengah.

2. Hosted Payrol

Hosted payroll adalah jenis payrol yang dilakukan oleh pihak ketiga yang biasanya terletak jauh dari perusahaan, tetapi perusahaan dapat mengakses data melalui softwareERP di perusahaan atau aplikasi. Jenis payrol ini cocok untuk perusahaan yang tidak dapat melakukan payrol mereka sendiri, apakah itu karena departemen keuangan atau HRD mereka kurang atau terlalu sibuk untuk melakukan payrol.

3. Cloud payrol

Cloud payroll adalah jenis payrol yang hampir sama dengan payrol yang di-host. Hanya saja jangkauan perusahaan lebih luas sehingga payrol ini cocok digunakan oleh perusahaan besar yang sudah memiliki banyak karyawan dan memiliki cabang di berbagai lokasi. Demikian penjelasannya kali ini, tentang apa itu payrol. Payroll diperlukan oleh perusahaan untuk membantu HRD. Apalagi jika daftar gaji terkandung dalam softwareERP. Tidak hanya modul payrol yang akan Anda dapatkan, tetapi masih ada banyak modul lain yang menunggu Anda.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − one =