Peran dan Kegunaan Akutansi Biaya Dalam Bisnis

Akuntansi selalu memainkan peran penting dalam menjalankan setiap bisnis, bahkan bisnis apa pun tidak akan dapat bertahan jika tidak memiliki bagian akuntansi di dalamnya, tetapi apa yang membuat akuntansi begitu penting dalam menjalankan bisnis? Akuntansi berperan dalam menjaga pencatatan segala sesuatu yang terjadi selama menjalankan bisnis sehingga nantinya catatan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang pengeluaran dan pemasukan barang yang akan dilakukan pada periode mendatang.

Akuntansi memang penting, tetapi dari semua bidang akuntansi yang ada. Ternyata, bidang akuntansi yang memiliki peran paling penting adalah akuntansi biaya.

Akuntansi Biaya

Definisi akuntansi biaya

Akuntansi biaya adalah proses pencatatan keuangan atau analisis keuangan di mana terdapat klasifikasi dan ringkasan biaya yang dikeluarkan untuk produksi atau biaya untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan beserta penjelasannya. Akuntansi biaya dapat disebut bidang akuntansi yang paling penting karena akuntansi biaya ini akan bertanggung jawab kepada pihak eksternal seperti investor atau kreditor dan pihak internal serta manajemen perusahaan mengenai data historis atau catatan sejarah. Nantinya, nota ini akan digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan atau kebijakan yang akan dilakukan di masa depan.

Peran akuntansi biaya

Akuntansi memiliki banyak peran penting. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mendengarkan peran akuntansi biaya di bawah ini :

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan rencana operasional dan anggaran secara ekonomis dan efisien.
  • Tentukan metode dan prosedur perhitungan biaya yang dapat menjamin kontrol atau jika Anda dapat menghemat biaya.
  • Pilih cara alternatif lain yang dapat meningkatkan pendapatan dan menghemat biaya.
  • Hitung jumlah keuntungan dan pengeluaran yang didapat perusahaan dalam periode tertentu seperti periode tahunan atau bulanan.
  • Tentukan nilai persediaan berdasarkan hasil perhitungan biaya, tetapkan harga, dan periksa jumlah persediaan aktual yang tersedia dalam bentuk fisik.

Baca Juga:

Fungsi akuntansi biaya

Fungsi akuntansi biaya tentu saja merupakan peran penting dalam menjalankan bisnis. Berikut ini adalah fungsi akuntansi biaya:

1. Menentukan harga pokok barang

Fungsi akuntansi pertama adalah untuk menentukan biaya suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Akuntansi ini akan memastikan bahwa harga yang ditawarkan oleh konsumen tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Proses penentuan harga pokok dapat diperoleh melalui metode pencatatan, klasifikasi, pemantauan, dan merangkum semua komponen biaya yang masih terkait dengan proses produksi dari data historis yang akan digunakan sebagai referensi bagi manajemen dalam menentukan biaya dari produksi.

2. Merencanakan dan mengendalikan biaya

Dalam merencanakan dan mengendalikan biaya, akuntansi biaya dapat menentukan biaya yang diperlukan untuk satu produksi. Namun, perencanaan dan pengendalian ini sering menghasilkan penyimpangan (perbedaan antara biaya aktual dan perencanaan biaya). Untuk mengantisipasi hal ini, manajemen akan memantau setiap proses produksi yang terjadi. Jika ada penyimpangan, manajemen akan mencari tahu penyebab dan memikirkan tindakan yang diperlukan sebagai bentuk kontrol.

3. Membuat keputusan

Ketika semua biaya yang diperlukan untuk melaksanakan proses produksi perusahaan telah dicatat dengan benar, maka data biaya akan dikirim ke manajemen untuk membuat keputusan yang akan berdampak besar pada kehidupan perusahaan di masa depan.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + 14 =