Tahukah Anda Rahasia Sukses Bisnis Online Shop Para Ibu Rumah Tangga? Yuk Cari Tahu Disini

Ibu rumah tangga juga bisa mendapatkan penghasilan saat berada di rumah. Bagaimana caranya? Yakni dengan menjalankan bisnis online shop. Hingga kini perkembangan bisnis online shop di Indonesia semakin berkembang dengan pesat. Bahkan kemungkinan, orang di sekitar Anda telah terjun terlebih dahulu dalam bisnis ini. Anda berniat untuk memulai bisnis online shop? Berikut rahasia sukses untuk memulai bisnis online shop.

Home Shopping

Memiliki Smartphone Dan Koneksi Internet

Untuk menjalankan bisnis online, pastinya harus memiliki perangkat yang dapat menghubungkan Anda dengan banyak orang secara online. Umumnya, perangkat yang digunakan untuk bisnis online adalah PC dan smartphone. Namun smartphone lebih banyak dipilih, karena sifatnya yang fleksibel saat dioperasikan. Oleh karena itu ada baiknya untuk menggunakan smartphone terlebih dahulu.

Akan tetapi saat bisnis online sudah berkembang dan smartphone sudah tidak lagi dapat diandalkan, bisa beralih menggunakan PC. Tidak hanya itu, sebelum benar benar memulai bisnis online Anda perlu memahami cara kerja dari sosial media, website, dan media lainnya sebagai tempat promosi. Hal tersebut bertujuan agar konsumen melirik produk yang dijual. Dan tidak lupa, selain memiliki smartphone Anda juga perlu memiliki koneksi internet.

Menentukan Jenis Bisnis yang Akan Dirintis

Saat pertama kali ingin membangun usaha secara online, sangat penting untuk menentukan jenis bisnis apa yang akan dirintis? Produk apa sekiranya yang cocok untuk dijual? Oleh karena itu, memahami target pasar dan kebutuhan masyarakat sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan manusia tidak akan pernah sepi dan juga tidak musiman.

Baca Juga:

Mungkin bisa dimulai dengan mencoba bisnis menjual kebutuhan atau peralatan dapur, baju bayi, fashion, jilbab, perawatan muka dan kecantikan, bahkan hingga kue dan lauk pauk. Yang paling penting, Anda mengetahui produk apa yang akan dijual. Namun tidak hanya menjual produk, Anda juga bisa menjual ketrampilan dan jasa. Seperti keahlian Anda untuk menulis, jasa les private, atau penerjemah online.

Menggunakan Foto yang Disertai Info Dengan Jelas

Seperti yang diketahui jika kekuatan dari promosi melalui media sosial adalah pada gambar yang diunggah. Umumnya gambar merupakan bukti dari produk yang akan dibeli oleh konsumen. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk memulai bisnis online, ada baiknya untuk mempersiapkan foto produk yang paling bagus. Untuk mempercantik tampilan foto, bisa juga ditambahkan dengan memberikan sentuhan penataan estetik dan background yang menarik.

Jika ingin menggeluti bisnis online di bidang fashion, bisa menggaet model yang cantik sebagai salah satu media promosi. Usahakan untuk mengambil foto dari produk Anda sendiri, jangan sampai mencomot dari online shop lain atau dari internet. Pasalnya hal tersebut dapat membuat calon pembeli menjadi ragu, sehingga mengurungkan niatnya untuk membeli produk Anda.

Tidak hanya mencantumkan foto, informasi mengenai produk yang dijual juga perlu untuk disertakan. Jika perlu, informasi tersebut dijelaskan secara rinci dan detail. Jika yang dijual merupakan produk fashion, maka sebaiknya untuk menyertakan informasi bahan, ukuran, warna yang tersedia, dan lain sebagainya. Perlu diingat, jangan sampai memberikan informasi produk yang salah. Hal tersebut bisa membuat konsumen mengira Anda adalah penjual yang tidak bertanggung jawab.

Fokus Terhadap Produk yang Dijual

Jika baru saja memulai bisnis online, ada baiknya untuk fokus pada satu barang atau jasa yang dijual. Pasalnya pada saat itu bisnis yang dijalankan baru saja dimulai. Sebaiknya untuk tidak memaksakan diri menjual berbagai jenis barang. Oleh karena itu, mulailah dengan menjual barang yang sederhana terlebih dahulu. Dan yang paling penting untuk tetap tekun, fokus, serta tidak mudah menyerah.

Mulai Mendaftarkan Bisnis Pada e-Commerce

Salah satu media yang digunakan untuk bisnis online, yakni lewat group whatsapp. Nyatanya media satu ini tidak jauh berbeda dengan bisnis konvensional yang melakukan promosi dari mulut ke mulut. Sehingga menyebabkan pasar target Anda hanya itu saja dan tidak kunjung meluas. Oleh karena itu ada perlunya untuk mendaftarkan bisnis pada situ online untuk memperluas target pasar, bahkan bisa mencapai seluruh Indonesia.

Saat ini sudah banyak e-commerce yang bermunculan sebagai market place para pelaku bisnis online. Sebut saja Tokopedia, OLX, Shopee, Bukalapak, Zalora, dan market place lainnya. Namun tidak hanya itu, ternyata media sosial selain menjadi tempat promosi juga bisa sebagai lapak bisnis online. Media sosial yang kerap kali digunakan sebagai lapak bisnis online yakni ada Instagram, Facebook, dan juga Twitter.

Ternyata memulai bisnis rumahan untuk para ibu rumah tangga cukup mudah bukan? Selain tidak membutuhkan modal yang lumayan banyak, melakukan promosi juga sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan saat ini banyak market place yang membuat target bisnis menjadi lebih luas. Tertarik untuk menjadi ibu rumah tangga yang sukses berbisnis? Selamat mencoba rahasia mudah tersebut

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 18 =