Software ERP vs Software Akutansi, Anda Pilih Mana?

Ketika mendiskusikan software untuk kebutuhan perusahaan, Anda mungkin sering menemukan dua software yang paling populer, software ERP dan software akuntansi. Namun, di balik popularitas itu, ternyata sebagian besar orang masih kesulitan membedakan kedua software tersebut karena jika Anda melihat fungsi keduanya, kedua software ini memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu mengelola kegiatan operasional.

Software Akuntansi

Meskipun hampir sama, Anda perlu tahu bahwa kedua software memiliki lebih banyak perbedaan daripada kesamaan berdasarkan fungsinya. Jadi, jika Anda sendiri ingin menggunakan software untuk memudahkan Anda menjalankan bisnis, Anda harus mengetahui setiap perbedaan sehingga ketika Anda membeli salah satu dari dua software tersebut, Anda tidak akan menyesalinya nanti.

Memahami software ERP

SoftwareERP (Enterprise Resource Planning) adalah jenis software yang bertugas menjalankan kegiatan operasional perusahaan secara otomatis. Kegiatan operasional yang dimaksudkan di sini adalah jenis kegiatan yang perlu dilakukan berulang kali dan biasanya akan memakan banyak waktu dan energi. Misalnya, kegiatan seperti perencanaan, analisis pelaporan, menyiapkan laporan keuangan, mengelola pembelian atau penjualan, mengelola sumber daya perusahaan, dan membayar karyawan.

Dengan kegiatan operasional yang telah dilakukan secara otomatis, ini akan memungkinkan pemilik perusahaan untuk memfokuskan waktu dan energi mereka pada hal-hal yang dapat mengembangkan perusahaan mereka seperti menciptakan strategi pemasaran, akuisisi pasar, dan sebagainya. SoftwareERP itu sendiri bukanlah sesuatu yang baru karena penggunaan softwareERP telah ada sejak tahun 1990, walaupun konsepnya sudah ada sejak tahun 1960-an.

Baca Juga:

Memahami software akuntansi

Software akuntansi adalah software yang secara khusus ditugaskan untuk mengelola proses keuangan atau akuntansi perusahaan. Mulai dari membuat buku besar, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas, laporan akhir tahun, bahkan untuk software akuntansi yang lebih lengkap, software ini dapat mengelola transaksi dalam mata uang asing.

Dengan adanya software akuntansi, semua catatan akuntansi yang dilakukan secara manual di atas kertas dapat dilakukan secara otomatis melalui penyimpanan digital. Dibandingkan dengan pencatatan manual juga, software akuntansi dapat memberikan hasil pelaporan yang lebih cepat dan lebih akurat karena software ini memiliki fitur pemindaian dan analitik yang dipasang sehingga perusahaan akan membutuhkan lebih sedikit jumlah staf akuntansi.

Untuk sejarahnya, softwarea kuntansi telah digunakan sejak 1978 sebagai hasil pengembangan teknologi digital dalam skala kecil, tetapi setelah perusahaan melihat kontribusinya, softwarea kuntansi kini ada di mana-mana.

Perbedaan antara software ERP dan software akuntansi

1. Cara kerjanya dalam proses bisnis

Software ERP biasanya didasarkan pada sistem terpusat sehingga setiap informasi atau file dari satu departemen dapat didistribusikan tanpa perlu mengganggu departemen lain. Sedangkan softwareakuntansi perlu menerima pengiriman dokumen untuk dimasukkan dalam perangkat lunak.

2. Investasi dibutuhkan

Karena software ERP mampu melakukan semua kegiatan operasional untuk berbagai departemen, terutama perusahaan besar, investasi yang dibutuhkan akan lebih besar. Berbeda dengan software akuntansi yang lebih kecil karena software hanya bekerja di satu departemen.

3. Pengguna software

Karena tugas software ERP untuk melaksanakan semua kegiatan operasional perusahaan, setiap departemen perusahaan dapat menggunakannya. Sedangkan software akuntansi biasanya digunakan oleh akuntan hanya karena tujuannya khusus untuk pencatatan keuangan.

Dari penjelasan ini, Anda sudah tahu tentang perbedaan antara software ERP dan software akuntansi. Secara garis besar, software akuntansi sesuai dengan namanya hanya digunakan untuk membantu akuntansi perusahaan. Sementara software ERP dapat membantu semua kegiatan bisnis Anda dari produksi hingga penjualan. Sekarang, ketika Anda sudah tahu tujuan mengapa Anda ingin menemukan perangkat lunak, maka Anda dapat memilih salah satu dari dua software sekarang.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + sixteen =