Anak Muda Perlu Berinvestasi, Yuk Cari Tahu Tips Untuk Investor Pemula

Investasi menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kebebasan finansial. Apalagi jika dilakukan sejak usia muda, menyisihkan sebagian pendapatan untuk keperluan masa mendatang. Berpikiran jangka panjang dan mulai hidup sederhana, sepertinya memang bukan gaya anak muda. Namun tidak ada salahnya menantang diri untuk berinvestasi, tidak perlu khawatir gagal sebab ada tips untuk investor pemula. Yuk simak ulasannya.

Tips untuk Investor Pemula

Pahami Apa yang Harus Dilakukan oleh Pemula

1. Menentukan Tujuan Berinvestasi

Sebelum memulai investasi anda harus memahami niat awal melakukan hal ini, tentukan dan pilih jenis investasi yang diinginkan. Tujuannya untuk menentukan sebauh pencapaian yang akan didapatkan nanti, maka dari itu harus dijbarkan secara jelas dan terperinci. Hal tersebut masuk dalam financial planner, dimana anda tahu kearah mana uang anda diinvestasikan. Misalnya untuk membeli rumah pribadi, mobil baru, melanjutkan studi ke luar negeri atau pergi berlibur.

2. Segera Lakukan dan Tidak Menunda

Saat sudah menentukan tujuan investasi hal yang harus dilakukan ialah, menyegerakan diri untuk mulai berinvestasi. Bila memungkinkan mulailah investasi sejak dini, sehingga di masa depan anda sudah mengumpulkan keuntungan yang besar. Tips untuk investor pemula yang paling jitu ialah tidak ada kata “sebentar” atau “nanti dulu”. Semakin cepat mengalokasikan dana ke investasi, maka semakin besar nilai keuntungan yang didapatkan.

3. Memasang Target yang Jelas

Sebagai seorang investor anda harus memiliki target yang jelas, terutama gambaran tentang pencapaian anda. Berpatokan pada waktu dan tujuan apa yang hendak ditetapkan. Buatlah secara jelas dan terperinci, agar lebih mudah anda melakukan kontrol terhadap investasi yang akan anda pilih. Contohnya membeli rumah baru tiga tahun lagi, mengganti mobil enam bulan kemudian, melanjutkan studi ke Australia, serta banyak target lainnya.

Baca Juga:

4. Temukan Panutan Seorang Investor Handal

Menjadi seorang investor pemula tidak malu untuk belajar, gunanya untuk meningkatkan pengetahuan dalam dunia investasi. Mempelajari seluk beluk investasi dan selalu merasa penasaran dengan banyak hal. Tips untuk investor pemula ialah mencari seorang panutan, yang akan menjadi tokoh serta acuan diri. Tentukan diri ingin menjadi seorang investor, lalu temukan latar belakang dan suka dukanya menjadi investor sejak beberapa tahun yang lalu.

5. Lakukan Investasi Secara Konsisten

Berani berinvestasi berarti anda bersedia menyisihkan pendapatan. Mengalokasikan dana untuk menabung, dan berinvestasi untuk kebutuhan jangka panjang. Belajar untuk displin pada diri sendiri, dan menetapkan beberapa persen dari penghasilan. Setidaknya sekitar 30 persen dipotong, dan dimasukkan sebagai dana investasi. Lakukan hal tersebut minimal satu bulan sekali, jika terlalu berat paling tidak 3 bulan sekali secara rutin. Dan tidak disarankan berinvestasi dengan jeda waktu yang jauh.

6. Berinvestasi Lebih Dari Satu Instrumen

Tidak akan tahu kapan terjadinya kegagalan, namun untuk menghindarinya bisa melakukan investasi di beberapa instrumen. Sebelumnya ada satu tips untuk investor pemula yaitu kenali dulu jenis-jenis investasi. Supaya memudahkan anda untuk memilih investasi yang menguntungkan. Sambil terus belajar apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga nilai investasi agar tetap stabil. Semakin menguasai ilmu investasi semakin anda pula tahu, perihal resiko kerugian.

Penutup

Saat melakukan investasi tidak ada salahnya, jika anda meminta saran kepada perencana keuangan. Berkonsultasi hendak dibawa kemana sebagian pendapatan anda. Untuk menghindari resiko kerugian sewaktu-waktu, jadi agar tidak jatuh dilubang yang sama dua kali. Jika memiliki dana lebih cobalah untuk bereksplor ke berbagai jenis insvestasi, mencoba-coba peruntungan tidak ada salahnya bukan?

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + six =