Sebelum Berbisnis, Yuk Intip Tips Usaha Kuliner Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga yakni bisnis kuliner rumahan. Akan tetapi banyaknya anggapan usaha bidang kuliner membutuhkan modal yang cukup besar, kerap kali menjadi halangan bagi ibu rumah tangga. Nyatanya memulai bisnis kuliner tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Seorang penulis buku resep bernama Heni Maria berbagi tips memulai UKM kuliner dengan modal minim. Yuk simak ulasannya disini.

Memasak

Tips Memulai Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Memanfaatkan Peralatan Dapur Di Rumah

Saat memutuskan untuk memulai bisnis kuliner, maka jangan terburu buru untuk membeli peralatan memasak yang baru. Apalagi dengan membeli peralatan memasak yang lengkap seperti untuk katering besar. Ibu rumah tangga hanya perlu memanfaatkan berbagai peralatan yang sudah ada di dapur rumahnya. Mulai dari alat memasak hingga peralatan lain yang digunakan.

Bisa mengambil contoh, seperti saat seorang ibu rumah tangga ingin memulai bisnis jasa katering bento. Maka ia tidak perlu untuk membeli alat pembentuk nasi khusus bento. Jika memiliki cetakan puding di rumah, maka bisa dimanfaatkan untuk menyulap nasi menjadi bentuk yang lucu. Tidak hanya untuk nasi saja, sayuran pada bento juga bisa dibentuk dengan cetakan kue kering yang ada di rumah.

Dengan memanfaatkan peralatan dapur yang ada di rumah, maka Anda bisa menekan pengeluaran untuk modal usaha. Usahakan juga saat ingin memulai bisnis kuliner, memilih kuliner yang sederhana dan bisa diproduksi dengan peralatan yang ada. Hindari memilih bisnis kuliner yang rumit dan kompleks, apalagi yang memerlukan alat memasak khusus dan mahal.

2. Menghemat Bahan Makanan yang Akan Dijual

Umumnya usaha rumahan yang berkaitan dengan kuliner merupakan rumah makan yang selalu menyediakan makanan sudah ada. Jika Anda ingin memulai usaha dengan menyiapkan makanan yang siap untuk dijual pada saat awal membangun usaha, maka ada kemungkinan jika bahan makanan akan terbuang sia sia. Bukankah tindakan tersebut bisa menimbulkan kerugian?

Oleh karena itu, ada baiknya jika dalam membangun usaha rumahan ini memilih menjual makanan sesuai dengan pesanan pembeli. Bagaimana mendapatkan pesanan dari pelanggan? Anda bisa mulai melakukan promosi produk bisnis kuliner yang akan dijual, melalui mulut ke mulut. Tidak hanya itu, ibu rumah tangga juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi.

Baca Juga:

Umumnya untuk melakukan promosi tersebut, dengan memamerkan foto makanan yang akan dijual. Media sosial yang kerap kali digunakan untuk media promosi yakni platform Instagram. Disana Anda bisa membuat katalog mengenai makanan yang dijual. Jangan lupa mengunggah foto yang menarik dan estetik, agar para pelanggan tertarik untuk membeli. Setelah banyak pesanan, barulah bisa menyediakan makanan ready stock.

3. Menyesuaikan Menu Dengan Target Pasar

Saat memulai sebuah bisnis, jenis barang yang akan dijual menjadi hal yang sangat penting untuk ditentukan. Tidak kalah berbeda, pilihan makanan yang akan dijual dalam bisnis kuliner juga sangat penting. Oleh karena itu, saat menentukan makanan apa yang akan dijual perlu membutuhkan perhitungan yang matang dan cermat. Jangan sampai Anda salah menentukan makanan yang akan dijual.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menentukan menu makanan, yakni dengan mengetahui target pasar terlebih dahulu. Umumnya jika targetnya merupakan orang kantoran, maka perlu menciptakan menu lengkap nasi, sayur, dan lauk. Namun tidak hanya itu, produk tersebut harus memiliki nilai jual yang membuat orang kantoran menjadi tertarik. Misalnya dengan menjual makanan untuk diet, atau menjual makanan yang saat itu tengah populer.

4. Manfaatkan Berbagai Layanan Ojek Online

Umumnya bisnis online akan membuka warung makan. Namun ibu rumah tangga juga bisa memulai bisnis tersebut tanpa harus memiliki warung. Bahkan meskipun hanya memanfaatkan dapur rumah yang kecil. Selain itu, bisnis kuliner tanpa membuka warung juga menghemat biaya. Pasalnya untuk membangun atau menyewa bangunan membutuhkan modal yang tidak sedikit, seperti untuk membeli bahan bangunan dan membayar tukangnya.

Namun agar usaha rumahan ibu rumah tangga bisa menjangkau target pasar yang luas, tanpa memiliki bangunan untuk berjualan dan mengeluarkan modal yang banyak. Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan penjualan makanan dari aplikasi ojek online. Dengan bekerja sama dengan vendor aplikasi ojek online, ibu rumah tangga dapat berbisnis kuliner dari rumah. Nantinya, pelanggan bisa memesan makanan melalui aplikasi, dan para tukang ojeklah yang akan mengirimkannya.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa ibu rumah tangga terapkan untuk memulai usaha kuliner rumahan dengan modal yang kecil. Tentu saja, setiap usaha pasti akan selalu ada permasalahan yang muncul. Namun jika bersungguh sungguh dan pantang menyerah, masalah yang ada pun pasti ada solusinya. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Bagikan ke teman:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − eleven =